Menilik 5G Indonesia, dan Kesiapan Telkomsel Dalam Pendistribusian Jaringan


Belum lama ini Jaringan 5G sudah banyak di pertanyakan oleh warganet dunia, termasuk di indonesia. Belum saja ada sudah banyak pertanyaan mengenai Hape 5g, maupun kesiapan indonesia dalam hal pendistribusian jaringan yang pastinya di pegang oleh salah satu BUMN terkuat indonesia yaitu Telkomsel.

Sudah 7 tahun sejak diperkenalkannya jaringan 4G pertama di indonesia pada saat konferensi APEC di bali.
Tahun 2018 lalu Telkomsel menghadirkan 5G dalam Asian Games di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan. Lama berselang mereka mengujinya kembali di Batam pada November 2019, di acara 5G for Industry. Indonesia tentunya tidak ingin ketinggalan kecanggihan layanan yang diberikan oleh jaringan tersebut yang digadang-gadang bisa mencapai kecepatan 20 GBps (Giga byte per second), itu berarti mendownload sebuah file film yang berukuran 10 GB akan terasa seperti mengedipkan mata saja, bahkan tidak akan ada kata lemot lagi ketika anda ingin melakukan Streaming IG Live ataupun melakukan Teleconference menggunakan aplikasi Video Daring.

Daftar Isi
1. Apa Itu Jaringan 5G?
   1.1 Siapa Yang Menciptakan Jaringan 5G
2. Jaringan 5G Dinegara Lain
3. Kesiapan 5G Indonesia
   3.1 Pendistribusian Jaringan
   3.2 Kapan Menyeluruh Dan Bisa Dinikmati?


 Apa Itu Jaringan 5G?

Jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Jaringan 5G diprediksi bisa memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dimana generasi pertama (1G) dimulai pada tahun 1979 di Tokyo, Jepang.
Jaringan 5G bisa mempunyai kecepatan 20 GBps (Gigabit per second) pada titik tertingginya, dan mempunyai kecepatan 200 MBps pada rata-ratanya.

Siapa Yang Menciptakan Jaringan 5G

Tidak ada yang tau persis siapa yang pertama kali mencanangkannya, tetapi Korea selatan adalah negara pertama yang melakukan riset pada tahun 2008, tahun tersebut pun NASA bekerja sama dengan perusahaan bernama Machine-to-Machine Inteligence (M2Mi) Corp. Semua itu bertujuan untuk mengembangkan jaringan 5G pada saat itu.

Jaringan 5G Dinegara Lain

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, ternyata sudah ada negara yang memakai jaringan 5G, pastinya negara tersebut adalah negara besar yang memiliki anggaran riset dan teknologi yang cukup dalam hal pengembangan. Tak lepas juga, Device Smartphone yang sudah mendukung dalam hal  penerima jaringan.
China, Amerika, Jepang dan Korea Selatan adalah negara yang akan mendominasi pasar 5G dunia pada 2025 mendatang. Di China sendiri akan mendominasi dengan 600 Juta koneksi 5G. Di dalam perangkat Device Smartphone, pasar Huawei sudah dominan disana , dan merek tersebut sudah mengeluarkan Smart Device yang sudah bisa menerima sinyal jaringan 5G.

Kesiapan 5G Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan operator seluler yang sudah melakukan uji coba jaringan 5G, baik itu kerjasama sesama operator ataupun melakukan nya sendiri-sendiri, diantara operator seluler tersebut yaitu: Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan 3.

"Para pelaku industri membutuhkan teknologi jaringan yang mampu membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan agar bisa berkolaborasi bersama menyukseskan inisiatif pemerintah yakni Making Indonesia 4.0," Ujar Director of Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying pada saat uji coba jaringan 5G di Batam.

Pendistribusian Jaringan

Mengingat negara Indonesia adalah negara kepulauan, pendistribusian pasti menjadi kendala yang sangat besar bagi perusahaan operator seluler. Penyaluran jaringan 4G saja masih belum merata ke daerah yang bisa dibilang pelosok.

Tetapi dari semua kendala tersebut, Telkomsel telah bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson. Mereka menyatakan telah melakukan kerja sama dengan Telkomsel untuk membangun infrastruktur jaringan 5G di Indonesia.

Dengan adanya kerja sama tersebut, sudah menjadi langkah awal besar untuk indonesia dalam memulai pendistribusian jaringan 5G.

Kapan Menyeluruh Dan Bisa Dinikmati?

Langkah awal adanya 5G di Indonesia dimulai pada Asian Games 2018 oleh Telkomsel, dari situ mulai banyak operator yang berlomba untuk mengetes kecepatan masing-masing merek andalannya. Tetapi walaupun sudah banyak yang menguji coba, banyak faktor yang bisa menjadi penghambat lamanya 5G di indonesia, diantaranya yaitu kesiapan operator seluler untuk upgrade jaringan mereka, juga tidak lepas dari smartphone yang digunakan oleh masyarakat indonesia. Masyarakat memperkirakan baru bisa menikmati jaringan 5G Indonesia pada tahun 2021.
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Menilik 5G Indonesia, dan Kesiapan Telkomsel Dalam Pendistribusian Jaringan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel