Tips Dan Triks Sederhana Membuat Kinerja Windows 10 mu Lebih Ringan Dan Cepat

Foto Oleh Tim Gouw
Seringkali komputer atau laptop akan terasa lemot jika pemakaian sudah lebih dari satu tahun. Hal tersebut bisa terjadi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu pemakaian yang terlalu sering, terlalu banyak menginstall aplikasi, atau mungkin banyak mendownload file-file yang di dalamnya disusupi virus dan malware.
Untuk itu perlu sekali menyegarkan komputer anda kedalam bentuk sediakala agar peforma yang didapat bisa maksimal. Bagaimana caranya?


Berikut adalah metode yang sudah saya pakai dan bisa membuat kinerja komputer lebih ringan dan cepat tanpa aplikasi dan tanpa penambahan hardware tambahan ala Uci Regno!

Uninstal Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Bagi pelajar atau mahasiswa pasti banyak sekali tugas yang diberikan oleh guru dan dituntut untuk menggunakan aplikasi. Lantas kita lalu menginstal aplikasi tersebut sampai pelajaran yang diberikan selesai.
Hal yang seringkali terjadi adalah membiarkan aplikasi tersebut bersemayam lama di komputer dan tanpa disadari penggunaan kapastitas RAM pun penuh dan membuat kinerja komputer melambat karena melakukan proses di background system.

Cara manual untuk uninstal aplikasi tersebut adalah dengan menuju ke Control Panel lalu pilih Menu program setelah itu klik Uninstall a Program.  Pilih aplikasinya, lalu klik kanan dan Uninstal.


Tunggu prosesnya sampai selesai.

Membersihkan Temporary File

Temporary file adalah sebuah folder penyimpanan file-file sementara yang dibuat otomatis oleh sistem Windows dan sebuah program. Temporary file akan terhapus secara otomatis ketika sebuah program atau sistem windows tidak lagi digunakan. Tetapi di beberapa kasus file tersebut tidak terhapus. Jika hal ini terjadi terus-menerus akan mengurangi space disk yang akan memperlambat kinerja Windows.

Bagaimana cara menghapus Temporary File Tersebut?

Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan windows “Disk CleanUP”,  atau menggunakan aplikasi Ccleaner.
Jika anda ingin menghapus secara manual, anda bisa masuk melalui perintah RUN dengan ketik di keyboard Windows + RUN, lalu ketikkan “%TEMP%” tanpa tanda petik. Cara itu akan langsung membawa anda ke file Temporary File.

Langkah selanjutnya adalah Blok semua file yang ada di folder tersebut, lalu Klik Kanan dan pilih Delete, pastikan anda tidak sedang membuka aplikasi saat melakukan delete Temporary File.


Bersihkan Partisi Disk System Dari Data Prbadi

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Partisi Disk System pada Windows melakukan banyak proses di background saat Booting atau menjalankan sebuah aplikasi.
Proses tersebut membutuhkan sebuah kecepatan dari ruang partisi tersebut. Banyak dari masyarakat awam yang membuat partisi system untuk menjadi penyimpanan data pribadi sehingga membuat partisi tersebut kehabisan kapasitas hingga berwarna merah.

Sangat tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut karna dapat memperlambat kinerja windows. Setelah mengetahui ini, anda cukup melakukan migrasi data ke partisi lain agar partisi system cukup untuk menyimpan file system windows saja agar bisa melakukan proses menjadi maksimal.

Defragment Disk

Kita seringkali menambahkan dan menghapus sebuah file, atau menginstal suatu aplikasi untuk sesaat lalu menghapusnya kembali.
Bagi orang awam hal itu biasa terjadi, namun di system manajemen disk komputer bisa membuat ruang kosong di space hard drive anda. sederhananya, System akan membaca terlebih dahulu file kosong tersebut daripada data yang akan anda minta. Hal tersebut yang membuat kinerja komputer anda melambat.

Untuk membuat ruang kosong tersebut hilang dan memberikan susunan yang rapih di hard drive adalah dengan Defragment Disk.

Caranya yaitu dengan klik kanan pada Hard Drive anda, pilih Propertis.


Setelah itu masuk ke Menu Tools, pilih Optimize pada Optimize and defragment disk. dan Klik Optimize dan tunggu sampai proses selesai.


Lakukan untuk setiap drive anda!

Reset Windows ke bentuk semula (Bagi Anda Yang Tidak Mau Ribet).

Untuk anda yang sudah merasa perlu unistal ulang komputer karena kinerja komputer sudah lambat / lemot, ditambah banyak virus yang menyerang komputer. Mungkin mereset windows adalah salah satu cara yang baik.

Sebelumnya perlu anda perhatikan bahwa mereset windows akan membuat data di hard drive disk dan aplikasi yang sudah anda instal terhapus semua. Ini  memungkinkan hard drive dan system yang anda punya akan bersih dan kosong seperti sedia kala, jadi dihimbau untuk melakukan backup data file yang sangat penting ke flashdisk atau Harddisk External.

Untuk langkah pertama yaitu masuk ke Setting lalu masuk ke menu Update & Security dan masuk ke halaman Recovery, di bagian Reset This PC, Pilih Get Started.


Setelah itu pilih Remove Everything pada pop up Choose an option.


Akan ada pilihan untuk menghapus beberapa drive (selain drive system) di komputer anda, pilih dan hapus, karena sebelumnya sudah dilakukan backup data.
Tunggu proses sampai selesai.

Jangan khawatir kalau proses mereset Windows terasa lama, karena hal tesebut memang wajar, biasanya proses antara satu atau dua jam.
Ketika selesai, anda akan merasakan perbedaan didalam kecepatan windows anda.

Penutup

Tips di atas mungkin akan membuat kinerja Windows 10 anda menjadi lebih cepat atau mungkin saja tidak, ini sangat berpengaruh di dalam kinerja software maupun hardware anda. kalau anda belum puas dengan artikel ini, mungkin dengan cara Migrasi dari HDD ke SSD ini bisa mengatasi hal tersebut.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jika anda ada kendala bisa komentar di halaman komentar di bawah. Salam Uci Regno!
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Dan Triks Sederhana Membuat Kinerja Windows 10 mu Lebih Ringan Dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel