Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Harddisk Yang Lemot, Kenali Gejalanya, Mudah dan Cepat!

Mengatasi Harddisk rusak dan lemot

Apakah anda mengalami masalah dengan hardisk yang lambat, dan ingin memperbaiki harddisk Laptop atau Komputer agar tidak lemot?

Biasanya cara memperbaiki harddisk yang lambat sangat gampang dan mudah, sama dengan harddisk, memperbaiki SSD lemot dan lambat juga bisa memakai cara dibawah ini.

Dalam suatu perangkat komputer atau Laptop, Hardisk memiliki peran yang sangat penting. Sehingga jika hardisk Laptop/PC rusak sangat mengganggu kinerja Laptop/PC sebab dalam hardiks tersebutlah tersimpan sistem operasi software aplikasi, dokumen, dan berbagai data penting lainnya.

Tidak sedikit orang yang menyimpan data-data penting seperti file pekerjaan dan tugas kuliah pada hardisk, untuk itu kamu perlu mengetahui ciri-ciri hardisk Laptop/PC yang rusak agar kamu dapat mengantisipasinya sebelum hardisk rusak lebih parah dan mengakibatkan data-data penting milik mu tidak dapat diselamatkan.

Berikut ciri-ciri hardisk Laptop atau Komputer yang Lemot

1. Kinerja Laptop/PC melambat.

Ciri-ciri hardisk rusak pertama adalah, kinerja Laptop/PC melambat. Melambatnya kinerja Laptop/PC tersebut merupakan peringatan dini dari adanya kerusakan pada hardisk perangkat kamu.

Umumnya kondisi tersebut bisa terlihat ketika kamu sedang melakukan akses sistem untuk membuka suatu program atau sedang mencari file ataupun sedang menyimpan suatu dokumen.

2. Data atau file mengalami kerusakan.

Jika hardisk kamu rusak maka akan berpotensi data atau file milikmu juga mengalami kerusakan.

Jika file milik mu mengalami kerusakan yakni tidak bisa dibuka meskipun kamu tidak melakukan apa-apa. Disarankan untuk segera mematikan perangkat. Selanjutnya lakukan pengecekan pada hardisk Laptop/PC milik mu.

3. Laptop Sering Mengalami Restart dengan sendirinya.

Ciri-ciri hardisk rusak selanjutnya adalah Suhu pada hardisk akan melebihi batas normal sehingga hal tersebut nantinya akan membuat laptop sering mengalami restart dengan sendirinya.

4. Hardisk Cepat Panas

Ciri-ciri hardisk rusak yang terakhir adalah seringnya hardisk cepat panas meskipun digunakan dalam kondisi yang wajar. Selain itu proses pengcopyan data juga akan sangat lambat.

Jika Laptop/PC kamu mengalami ciri-ciri yang telah disebutkan, maka kamu perlu segera mengatasinya.

Berikut Uciregno akan merangkum bagaimana Cara Mengatasi Hardisk yang mengalami Kerusakan, yang kami peroleh dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi Hardisk yang Alami Kerusakan.

Tiap kerusakan pada hardisk, memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut adalah cara memperbaiki hardisk sesuai dengan tipe kerusakannya:

1. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector.

Apabila Laptop sering mati mendadak atau aliran listriknya tidak stabil, biasanya akan mengalami kerusakan hardisk Bad Sector.

Untuk mengatasi hardisk bad sector terbilang susah-susah gampang, masalah yang dihadapi pun berbeda-beda, kerusakan hardisk bad sector terbagi menjadi dua bagian, yaitu bad sector logic dan bad sector fisik.

Bad Sector logic dapat terjadi karena kerusakan software.Untuk kerusakan software bisa diakibatkan karena kesalahan pemakaian namun bisa juga karena terserang virus, jika kerusakannya seperti ini bisa diatasi menggunakan software yang bisa memperbaiki hardisk.

Namun, jika kerusakannya terjadi pada fisik atau yang biasa disebut Bad sector fisik maka kamu harus siap mengganti hardisk dengan yang baru. Segerlah kamu datang ke toko service Laptop untuk dapat penanganan dari Profesional.

2. Hardisk yang Tidak Terbaca

Apabila hardisk milik mu tidak terbaca, besar kemungkinan karna salah pemasangan atau cache hardisk yang eror.

Kamu dapat mengecek konektor kabel SATA atau ATA/IDE apakah pemasangannya sudah benar. Jika pemasangan hardisk sudah benar dan kondisinya dalam keadaan baik tapi tetap tidak terbaca, mungkin masalahnya ada pada kabel. Untuk mengatasi cache hard disk yang eror, kamu bisa melakukan disk defragment untuk memastikan bahwa hardisk bisa bekerja dengan baik.

 

Nah itulah cara mengatasi hardisk yang mengalami kerusakan semoga bisa menjadi referensi untuk kamu dalam mengatasi hardisk milik mu yang rusak. #Leni

Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

2 comments for "Cara Memperbaiki Harddisk Yang Lemot, Kenali Gejalanya, Mudah dan Cepat!"

  1. Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

    kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,,

    https://bangamingadget.com/ciri-ciri-hardisk-rusak/

    yuk sharing ilmuu

    Terima Kasih

    ReplyDelete