Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Menjadi Lemot!

Di era digital seperti saat ini Smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aspek

kehidupan manusia. Penggunaan smartphone dewasa ini sangat berpengaruh besar
terhadap cara manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Dengan smartphone milikmu, kamu dapat melakukan aktivitas dengan mudah, seperti berbelanja berbagai keperluan, bermain game, melakukan transaksi keuangan, melihat berita terbaru, menonton film favorit dan lain sebagainya.

Namun bagaimana jika tiba-tiba smartphone milik mu lemot. Hal demikian pasti akan membuat kamu merasa jengkel bukan? Dan ingin sekali membantingnya.

Eits tenang Uciregno akan merangkum tips dan cara mengatasi smartphone yang lemot.

Tidak akan memakan banyak waktu untuk mengatasi smartphone yang lemot dan kamu juga bisa melakukannya sendiri loh.

Namun sebelum uciregno membagikan tipsnya, sebaiknya kamu mengerti dulu penyebab mengapa smartphone milik mu menjadi lemot.

Berikut beberapa penyebab smartphone menjadi lemot

1. Data Smartphone melebihi kapasitas Penyimpanan

Jika kamu memasang banyak aplikasi maka akan lebih banyak menyita ruang penyimpanan.

Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama maka hal tersebut akan membebani ruang penyimpanan ponselmu sehingga berpotensi akan membuat ponsel milik mu menjadi lemot.

2. Baterai yang sudah menurun

Sangat penting bagi kamu untuk merawat daya tahan baterai dengan tidak menge-charge smartphone mu terlalu lama sebab apabila kamu menge-charge baterai mu terlalu lama maka akan membuat performa baterai mu melemah hal demikian juga akan mempengaruhi performa smartphone milikmu. Jika performa smartphone milik mu menurun maka akan sangat berpotensi smartphone mu juga menjadi lemot.

3. Memori Flash Storage dan RAM Mengalami Degradasi

Penyebab smartphone lemot selanjutnya karna memori flash storage dan RAM mengalami degradasi. Ternyata tidak hanya baterai ponsel saja loh yang dapat mengalami degradasi, namun memori flash storage dan RAM juga bisa mengalami degradasi.

Penyebabnya bisa dikarenakan adanya penghapusan data sehingga dapat mengurangi performa smartphone android milik mu sehingga potensi smartphone menjadi lemot akan menjadi semakin besar.

4.Cache yang Menumpuk

Semua aplikasi memiliki file cache sendiri, jika cache tersebut sudah menumpuk maka otomatis smartphone milik mu akan menjadi lemot pula. Jika kamu tidak rutin membersihkan cache yang menumpuk, maka smartphone kamu akan menjadi lemot. Oleh karena itu, kamu harus segera menghapus cache secara manual agar smartphone mu tidak lemot.

Nah itu dia beberapa penyebab smartphone menjadi lemot. Berikutnya uciregno akan membagikan tips bagaimana mengatasi Smartphone yang lemot.

Tips mengatasi smartphone yang lemot

1. Mereset Ponsel

Tips pertama untuk mengatasi smartphone yang lemot adalah dengan melakukan reset ponsel.

Dengan kamu melakukan reset ponsel, data-data yang ada pada smartphone akan dibersihkan sehingga ponsel bekerja lebih cepat. Namun sebelum kamu melakukan reset, pastikan kamu sudah menyimpan dan melakukan backup data penting milik mu ya!

2. Mengganti Baterai smartphone

Jika baterai smartphone milikmu sudah tidak bagus performanya, untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengganti Baterai nya. Hal demikian dapat membuat smartphone milik mu berjalan dengan cepat.

3. Membersihkan cache aplikasi

Tips mengatasi handphone Andoid yang lemot berikutnya adalah dengan membersihkan cache.

Nah, berikut cara untuk membersihkan file cache. Sangat mudah yaitu dengan melihatnya di setting selanjutnya kamu pilih storage usage. Lalu Hapus data cache yang besar ukurannya agar kinerja smartpone bisa lebih cepat.

4. Update sistem operasi secara berkala

Untuk mencegah Smartphone kamu menjadi lemot, kamu bisa memperbarui sistem operasi smartphone. Berikut adalah caranya, kamu cukup masuk ke setting, lalu buka about device, selanjutnya pilih software update, kemudian klik check for updates. terakhir pastikan kamu telah mengupdate OS Android versi akhir.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi smartphone yang lemot. Jika smartphone milikmu mengalami nya, segera lakukan tips yang sudah uciregno bagikan yaa! #Leni

Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

1 comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Menjadi Lemot!"