Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Bot Telegram Otomatis Tanpa Ribet | Tanpa Coding

Di-era perkembangan teknologi seperti sekarang ini semakin banyak bermunculan aplikasi pesan instan salah satunya adalah  aplikasi Telegram.

Telegram menawarkan kemudahan dalam mengirimkan foto, teks, video, dan berkas dengan berbagai macam format. Aplikasi pesan instan ini memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan secara cepat dan gratis pada orang yang juga memiliki perangkat lunak tersebut.

Telegram juga menyediakan berbagai fitur yang banyak, salah satu fitur nya adalah Bot yang jarang dimiliki oleh aplikasi pesan instan yang lainnya.

Nah apakah kamu sudah tau fitur boot dari telegram?
Jika belum simak lebih jauh artikel ini!

Fitur boot pada Telegram seperti pengguna fiktif atau non-manusia yang terdiri dari garis kode, yang mampu mengerjakan tindakan secara otomatis dan bisa menerima perintah dalam bentuk permintaan HTTP.

Uciregno akan mengulas sedikit  mengenai arti bot di Telegram.

Apa itu Bot ?

Jadi Bot adalah sebuah program yang bisa membantu kamu mengelola atau bertindak secara otomatis sesuai perintah. Biasanya perintah bot ini bisa kamu atur sendiri lewat coding.
Namun khusus untuk aplikasi Telegram, kamu bisa memprogram bot tersebut tanpa harus coding loh. Lalu apa saja sih kegunaan dari fitur bot Telegram ini?

Apa Kegunaan fitur Bot Telegram ?
 
Fitur bot telegram  mempunyai banyak sekali kegunaan yang dapat mempermudah berbagai aktivitas online seperti, menonton film, membalas pesan otomatis dan masih banyak lagi .

Bot Telegram ini juga mampu memberikan suatu layanan berupa pemberitahuan atau peringatan mengenai ramalan cuaca, kenaikan atau penurunan harga, melakukan penerjemahan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa berinteraksi dengan berbagai layanan populer seperti email dan social media dengan menggunakan bot GIF, bot Gmail, bot Wiki, bot Youtube, dan berbagai layanan eksternal lainnya.

Fitur dari Bot telegram ini juga dapat melakukan transaksi pembayaran dan juga bisa digunakan untuk membuat game.

Nah setelah sahabat Uciregno mengetahui kegunaan dari bot telegram. Kini Uciregno membagikan tata cara membuat bot otomatis di Telegram.

Cara Membuat Bot Otomatis di Telegram.

Perlu sahabat Uciregno ketahui, Botfather adalah satu-satunya cara membuat bot Telegram tanpa coding untuk memerintah bot yang ada.
Berikut cara membuat bot dengan menggunakan botfather

1.Untuk langkah awal, Ketik Botfather pada kotak pencarian Telegram milik mu.
Lalu Klik untuk membuka bot.

2. Selanjutnya kamu ketikkan perintah atau Klik /newbot untuk membuat bot baru.
Pilih nama untuk bot baru Anda. 

3. Jika sudah pilih nama pengguna untuk bot baru.

Perlu diketahui bahwa, nama pengguna hanya bisa sepanjang antara 5-32 karakter. Tidak sensitif huruf besar sehingga tidak perlu memperhatikan huruf besar kecilnya. Sebagai aturan, nama pengguna harus diakhiri dengan sufiks -bot, Contoh: new_uciregno_bot

4.Setelah selesai, selanjutnya kamu akan menerima token API HTTP.

yaitu sesuatu seperti: 454234775: Aahrbaaji----------------Sensored---------- Me.

5. Amankan token kamu dan simpan dengan aman.
Karna jika ada yang mengetahui token kamu, mereka dapat sepenuhnya mengendalikan bot milik mu.

6. Lakukan Pengaturan Bot Sesukamu!
Setelah ini kalian cukup melakukan pengaturan Bot telegram anda dengan mengetik Commands 'Edit Bots', 'Bot Setting', atau pada Commands 'Games', yang ada pada chat awal saat pertama kali memulai chat di Botfather.

Nah itulah ulasan seputar cara membuat bot otomatis tanpa ribet di Telegram. Semoga bermanfaat. #Leni
Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

2 comments for "Tutorial Membuat Bot Telegram Otomatis Tanpa Ribet | Tanpa Coding"