Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara mengatasi Insecure

Perlu untuk diketahui, bahwa rasa insecure pada saat-saat tertentu adalah hal yang sangat wajar, dan itu adalah hal yang normal, hampir setiap orang pernah mengalami hal tersebut. Namun, yang harus diperhatikan adalah kamu tidak boleh terbawa oleh perasaan ini secara terus menerus, karena dapat menghilangkan pengalaman hidup yang penting atau mungkin dapat membawa kamu ke tahap kehidupan yang kurang baik.

Perasaan insecure ini dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri seseorang dan juga dari luar.
Aapun cara untuk mengatasi rasa insecure yang berlebihan bisa kamu lakukan, Namun terlebih dulu kamu harus mengenali apa saja penyebabnya. Selain itu kamu juga dapat mengenali gejalanya agar kamu bisa melakukan tindakan penanganan dengan tepat dan cepat
cara mengatasi insecure

Mengenal Penyebab Insecure

Rasa insecure yang muncul pada seseorang biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti sebelumnya Ucirego sudah singgung pada paragraf awal, yakni penyebabnya adalah bisa dari faktor internal dan eksternal. Adapun faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang memberikan kasih sayang, sering mendapatkan kegagalan atau penolakan, dipandang sebelah mata oleh orang lain dan bahkan mungkin keluarganya sendiri. Sedangkan untuk faktor internal seperti seseorang tersebut memiliki sikap perfeksionis sehingga semua hal ingin diselesaikan dengan sempurna. Berikut akan Ucirego jabarkan beberapa penyebab-penyebab dari Insecure.

1. Lingkungan Yang Sedikit Memberikan Kasih Sayang

Apabila lingkungan nya baik maka akan menghasilkan interaksi sosial yang baik pula. Akan tetapi, jika seseorang hidup dan tinggal pada lingkungan yang kurang baik/kurang mendukung, terkhusus pada lingkungan yang kurang memberikan kasih sayang. Hal demikian bisanya akan menyebabkan orang tersebut mengalami rasa insecure sebab ia tidak mendapatkan kasih sayang yang maksimal.

2. Sering Mendapatkan Kegagalan Atau Penolakan

Apabila seseorang terlalu sering mendapatkan kegagalan atau penolakan, maka dapat memungkinkan seseorang itu mengalami insecure lebih besar. Hal ini dikarenakan setiap keinginannya tidak pernah terwujud dan merasa semua yang dilakukan selalu sia-sia.

3. Pernah Mengalami Perundungan Atau Bullying

Hati-hati terhadap perundungan atau bullying! Bullying ini dapat membuat seseorang menjadi insecure.
Perundungan biasanya terjadi pada masa anak-anak dan bisa terjadi di lingkungan masyarakat dan pendidikan.
Bullying dapat juga dikatakan bahwa suatu hal yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan korban menjadi mudah takut bertemu dengan teman-temannya bahkan dalam waktu yang cukup panjang. Korban bisa mengalami insecure dan akan sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Terlalu Perfeksionis

Apabila seseorang memiliki sifat selalu ingin sesuatu itu sempurna. Bahannya apabila melakukan sesuatu tidak sempurna atau jauh dari apa yang diharapkan maka orang tersebut akan merasa insecure. 
Nah, Jika sudah muncul rasa insecure ini maka yang akan timbul adalah rasa kecewa bahkan mungkin sampai menyalahkan diri sendiri.

5. Sering Dipandang Sebelah Mata

Terkadang ketika berinteraksi dengan orang lain tidak berjalan dengan lancar dan bahkan tidak menutup kemungkinan jika kita dipandang sebelah mata oleh orang lain. Namun, tanpa kita sadari jika seseorang yang dipandang sebelah mata oleh orang lain dapat membuat kita menjadi insecure. Hal demikian lah yang menyebabkan seseorang yang insecure menjauhi kegiatan interaksi sosial nya. Ia lebih memilih untuk menyendiri.

Nah setelah sahabat Ucirego mengenali penyebab insecure simak lebih jauh artikel ini untuk mengetahui apa saja gejala seseorang mengalami insecure dan bagaimana cara mengatasi rasa Insecure

Gejala Seseorang Mengalami Insecure.

Lebih sering orang yang mengalami insecure tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengalami hal tersebut. Karena, rasa takut dan cemas memang sebenarnya adalah hal yang normal dialami oleh siapa pun. Namun, biasanya ada beberapa gejala dan perubahan yang terjadi saat seseorang mengalami insecure, di antaranya: 

1. Merasa Rendah Diri

Apabila seseorang tengah mengalami insecure ciri-ciri yang paling terlihat adalah ia akan merasa rendah diri. Akan lebih baik sahabat Ucirego segera mengenali diri sendiri, dan usahakan untuk mencintai diri sendiri juga agar dapat terhindar dari rasa tidak percaya diri yang akan mengakibatkan gangguan psikologis dan dapat mepengaruhi kondisi tubuh secara menyeluruh.

2. Tidak Mau Keluar dari Zona Nyamannya

Gejala seseorang yang insecure selanjutnya, biasanya ia mengalami kecemasan dan ketakutan pada tantangan. Kebanyakan orang yang mengalami insecure ciri-ciri nya enggan keluar pada zona nyaman. Rasa takut dan cemasnya itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

3. Mengalami Takut Berlebih

Bukan saja pada hal besar, seseorang yang mengalami insecure akan mengalami rasa takut yang berlebih, termasuk juga pada hal-hal yang kecil. Apabila rasa takutnya mulai muncul dan mengganggu selain itu kamu merasakan bahwa diri mu tidak sehat, cobalah untuk segera mencari bantuan ahli. 

Kamu dapat menemui psikolog atau pun psikiater untuk mulai memeriksakan diri dan mengetahui apa penyebab munculnya rasa insecure tersebut.

4. Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Seseorang yang insecure akan lebih sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Ia akan merasa bahwa kehidupan dirinya tidak lebih baik ketimbang kehidupan orang lain.

Sejauh ini sahabat Ucirego tengah mengenali penyebab dan gejala dari seseorang mengalami insecure. Untuk itu akan lebih sempurna Apabila sahabat Ucirego juga mengerti bagaimana cara menangani rasa insecure.

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Masalah Insecure

Simak cara-cara mengatasi insecure berikut ini:

1. Stop Membanding-Bandingin Diri Dengan Orang Lain

Untuk mengatasi rasa insecure yang pertama adalah berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.
Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Apa yang ada pada diri mu dan yang terjadi dengan kehidupan mu merupakan rencana Tuhan yang paling terbaik.
Jadi syukuri semua yang ada.

2. Selalu Berpikir Positif      

Saat kita melakukan kesalahan, kita akan lebih mudah nya untuk menyalahkan diri sendiri. Padahal hal itu hanya dapat membuatmu terus berpikir negatif dan bahkan mungkin dapat memunculkan rasa benci terhadap diri sendiri. Mulai saat ini berusaha mencoba untuk tetap berpikir positif dan memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang sudah kamu lakukan, dan belajarlah dari pengalaman itu.

3. Berteman Dan Berbicaralah Dengan Orang Yang Menghargai Kamu

Apabila kamu sedang merasa insecure, cobalah untuk berbicara dan bercerita dengan orang-orang yang dapat menghargai dirimu agar bisa mengatasi rasa insecure. Misalnya saja, sahabat, orang tua, kaka, adik atau siapapun yang bisa memahami keadaanmu dan mereka tidak dengan mudahnya menghakimi kamu. Apabila kamu mempunyai masalah, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk dapat mendengarkan atau mungkin memberikan solusi.

4. Kurangi Penggunaan Media Sosial.

Salah satu penyebab dari rasa insecure itu muncul adalah karena terlalu sering bermain media sosial, pada saat kita menjelajahi sosial media kita selalu melihat dan merasa kehidupan orang lain jauh lebih bahagia daripada kita. Dan apabila kamu sering membandingkan dirimu dengan orang lain dengan yang apa kamu lihat di sosial media itu, maka cobalah kurangi membuka sosial media. Dengan begitu, kamu bisa fokus dengan kehidupan nyata mu dan tidak akan berkurang rasa untuk membanding-bandingkan diri dengan orang lain lagi. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri apa yang sudah kamu miliki.

Nah itulah cara mengatasi rasa insecure apabila kamu sedang mengalaminya coba lakukan cara-cara tersebut. Semoga dapat membantu!

Penulis: Leni Marlina

Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "Kenali Penyebab, Gejala dan Cara mengatasi Insecure"