Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu HDD dan SSD, Lebih Baik Mana HDD atau SSD?

SSd dan hdd lambat

Penyimpanan internal pada komputer atau laptop terdiri dari dua jenis, pertama Solite Stade Drive (SSD) dan yang kedua adalah Hard Disk Drive (HDD). Keduanya tentu memiliki perbedaan baik dari sisi bentuk ataupun performanya.

Dari kedua jenis penyimpanan tersebut, manakah yang lebih baik?

Namun sebelum uciregno menguraikan mana yang lebih baik SSD atau HDD? Uciregno terlebih dulu akan merangkumkan sedikit tentang apa itu SSD dan HDD.

Apa itu SSD dan HDD?

SSD adalah singkatan dari Solite Stade Drive. Ia juga merupakan generasi terbaru sebagai tempat penyimpanan data untuk laptop dan komputer.

Adapun cara kerja SSD pada dasarnya, hampir mirip dengan USB flash drive. Jika kamu ingin menggunakannya, kamu cukup dengan memasangnya ke sebuah komputer atau laptop untuk mengambil atau menyimpan data.

Adapun perbedaaannya, SSD dianggap sebagai versi lebih canggih dari USB thumb drive karena kapasitasnya yang jauh lebih besar dan kinerjanya juga lebih cepat.

Sedangkan HDD adalah singkatan dari hard disk drive, Ia juga dikenal sebagai perangkat keras penyimpan data digital pada komputer atau Laptop yang lebih tradisional. Semua komputer atau laptop memiliki hard drive internal, akan tetapi kamu juga bisa memakai hard drive eksternal yang dapat digunakan untuk memperluas penyimpanan pada laptop atau komputer.

Adapun komponen dari HDD terbuat dari cakram yang bermagnet yang terlihat seperti piring yang berputar cepat. Biasan berputar antara 5.400 dan 15.000 putaran per menit (RPM). Semakin cepat cakram magnetis berputar maka akan semakin cepat komputer dapat mengakses informasi.

Lebih baik SSD atau HDD?

HDD dan SSD pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan untuk laptop atau komputer,  yang menyimpan personal files, dan boot sistem operasi. Adapun perbedaan antara HDD dan SSD terletak pada teknologi yang digunakan untuk menyimpan dan menerima data.

SSD dipercaya akan lebih awet jika  dibanding dengan HDD. Karna tidak adanya komponen yang bergerak, sehingga SSD akan sangat tahan dengan benturan. Hal itu dapat membuat SSD menjadi lebih awet. 
SSD juga lebih hemat dalam penggunaan daya listrik. SSD hanya membutuhkan daya kurang lebih 1 watt sedangkan HDD bisa mencapai 10 watt.

Selain itu SSD juga memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih unggul dari pada SSD. Jika SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 550 Mbps, sedangkan untuk HDD kecepatan rata-ratanya hanya mencapai 60 Mbps, hal ini terlihat sangat jauh bedanya. HDD juga harus menunggu putaran sindle untuk mengakses data, berbeda dengan SSD yang cukup hanya menggunakan tenaga elektrik untuk mengakses data. Inilah mengapa kecepatan SSD jauh lebih unggul dibanding HDD. Namun dari keunggulan tersebut SSD harganya jauh  lebih mahal dibandingkan HDD. Harga jual HDD mulai dari 200.000 sedangkan SSD harga jualnya mulai dari 700.000.

Nah, Jika kamu menginginkan kapasitas yang lebih besar dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa memilih HDD. Namun jika kamu ingin performa komputer atau laptop mu jauh lebih cepat maka kamu bisa memilih SSD.

Jadi mana yang lebih baik buat kamu?

Semua itu tetap tergantung pada kebutuhan dan keadaan kamu. SSD memang lebih cepat dan dapat menghemat daya, tapi HDD lebih terjangkau karna harganya jauh lebih murah.

Mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kamu, HDD atau SSD? #Leni

Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "Apa itu HDD dan SSD, Lebih Baik Mana HDD atau SSD?"