Mengapa memilih Arduino Uno? | Uci Regno!


Project Arduino

Internet Of Things (IOT) di era Revolusi Industri 4.0 ini sangat diminati oleh lulusan Teknologi Informasi di indonesia. Banyak sekali peluang yang bisa didapatkan jika mempunyai ilmu pada bidang tersebut.

Kebanyakan pengguna penggunakan sebuah alat yang biasa disebut dengan Arduino Uno.
 

Apa itu Arduino Uno ?

Arduino Uno adalah sebuah Mikrokontroler (pengendali mikro) yang bersifat sumber terbuka. perangkat ini bisa diprogramkan untuk menjadi apa saja semau kita dengan menanamkan program kedalamnya. 


Selain mempunya bahasa pemograman yang mudah dipahami, tersedia juga library yang sudah banyak ada di internet dan memiliki forum tempat project arduino yang bisa kita ikuti.

Membuat Program di Arduino Uno

Membuat program di Arduino Uno tidak bisa sembarang menggunakan bahasa pemograman, Arduino hanya bisa berjalan dengan bahasa pemograman C/C++.

Selain itu pemograman dilakukan pada aplikasi Arduino IDE yang berfungsi untuk mengkompilasi dan mengupload program tersebut ke dalam chip yang ada di board Arduino. Aplikasi ini sudah bisa dijalankan diberbagai OS, Windows, Mac OS, dan Linux.

Banyak sekali project yang bisa kita buat dengan Arduino Uno, ini karena kemudahan dan ketersediaan perangkat tambahan yang bisa didapatkan dimana saja. Inilah contoh Project yang mudah tapi menarik yang bisa diterapkan.

Project Arduino yang Bisa Kita Coba

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, bahwa Arduino Uno banyak sekali digunakan untuk Project berbasis Internet Of Things. Dimana program yang digunakan bisa kendalikan dimana saja asalkan terdapat koneksi internet.

Project yang saya berikan disini biasanya umum digunakan oleh pemula yang ingin mencoba mengetes skil program di Aplikasi Arduino IDE.

Berikut adalah ide-idenya:

  1. Membuat Alat Pendeteksi Hujan. Ini adalah sebuah project yang dimana akan ada suara alarm ketika kondisi di luar sedang hujan. Peralatan yang di butuhkan untuk project ini hanya perlu menambahkan perangkat keras sebuah sensor hujan dan sebuah Active Alarm Buzzer untuk menghasilkan bunyi. 
  2. Menyalakan Lampu LED Dengan Sensor Suara. Project ini akan memudahkan kehidupan anda menjadi lebih mudah karena biasanya untuk berjalan ke sudut kamar untuk mematikan atau menghidupkan lampu adalah hal sepele yang menguras banyak tenaga. Alat yang diperlukan untuk membuat project ini cukup dengan 3 bahan utama, yaitu sensor suara KY-037, sebuah LED dan resistor 220 Ohm, dan Kabel jumper male to female. 
  3. Membuat Alarm Keamanan. Project ini bisa anda realisasikan dirumah untuk sistem keamanan pendeteksi maling. Cara sederhananya dari project ini adalah dengan meletakkan sensor ultrasonik pada pintu, dimana ketika pintu terbuka akan mengaktifkan alarm. Alat tambahan untuk project ini adalah sebuah speaker dan sensor ultrasonik. Untuk project diatas masih tergolong sederhana dengan mengesampingkan kualitas. Kita bisa menambahkan alat untuk menyambungkan arduino ke internet agar bisa dikendalikan menggunakan ponsel, baik itu melalui aplikasi maupun sms.

Mengapa Arduino Sangat Populer Saat Ini ?

Untuk para mahasiswa di semester akhir sangat disarankan untuk menggunakan mikrokontroler ini untuk dijadikan bahan tugas akhir anda, karena masih jarang sekali Project IOT dijadikan tugas akhir di Universitas yang ada di indonesia.

Tapi, sebenarnya apa sih yang menjadikan Arduino Uno populer untuk saat ini?
Baca Juga :  Hal Menarik Dari Raspberry Pi Yang Wajib Diketahui Para Pemula
  1. Open Source Hardware & Software. Mikrokontroler Arduino Uno memiliki hak open source, dimana kita bisa kreasikan sendiri project yang kita buat tanpa akan menimbulkan masalah hak cipta. Software Arduino IDE bisa di install di berbagai OS, dan tidak berbayar. Untuk Hardware sendiri, Sudah bisa dibeli di Toko Online Indonesia tanpa harus memesannya terlebih dahulu di Marketplace luar negeri. 
  2. Modul pendukung & Extension yang Beragam. Salah satu keunggulan dari Mikrokontroler ini adalah memiliki port USB yang bisa disambungkan ke laptop. selain itu, Arduino Uno juga memiliki berbagai macam port, yaitu : Power Jack, IOREF, Reset, 3,3V, GND, Vin, dan Analog Input.
  3. Tersedia Library Yang Banyak. Library merupakan kumpulan subrutin yang mempunyai fungsi tertentu. Library pada Arduino sangan berlimpah, anda bisa mengambilnya di Aplikasi Arduino IDE maupun membuat sendiri library tersebut untuk dipasang pada program. 
  4. Forum dan Komunitas. Adanya Forum dan Komunitas akan membuat anda yang pemula bisa menjadi master di bidang ini. Forum dan komunitas ini pun biasanya sudah memiliki dokumentasi project-project yang bisa anda coba sendiri dirumah. Jangan khawatir jika anda melakukan kesalahan, karena komunitas tersebut akan senang hati untuk memberikan jawaban yang anda butuhkan.

Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa memilih Arduino Uno? | Uci Regno!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel