Cara Mudah Clone atau Migrasi Windows 10 ke SSD Tanpa Install Ulang


Windows 10 adalah Sistem Operasi yang saat ini sangat di gandrungi banyak orang di seluruh dunia, namun banyak sekali keluhan dari para pelanggannya terkait kinerja yang lambat. Banyak solusi yang pengguna bisa lakukan untuk meningkatkan kinerjanya tersebut, salah satunya adalah dengan memindahkan hard disk drive biasa ke SSD baru, waktu booting dan kinerja sistem secara keseluruhan akan meningkat.

Banyak yang bertanya bagaimana caranya memindahkan Windows ke SSD tanpa hilangnya data.

Bisa jadi solusinya yang paling mudah yaitu dengan menginstall SSD, tetapi data anda akan hilang termasuk dengan program-program yang sudah di install sebelumnya. Dengan cara memindahkan Sistem Operasi yang sudah di install pastinya akan memakan waktu lama, tetapi kalau anda berkenan dan ingin mencobanya, anda bisa melihat artikel berikut.

Bagaimana Cara Clone Atau Migrasi Windows 10 ke SSD Tanpa Install Ulang.

Caranya adalah dengan Cloning partisi hard drive anda ke SSD.
Tetapi sebelumnya anda harus membackup  data anda ke partisi lain, karena jika ada kesalahan dalam mencloning data, data anda akan permanen hilang.

Untuk memindahkan sistem Windows 10 anda ke drive SSD, yang harus di lakukan adalah mencadangkan atau backup data drive anda (agar ruang disk menyusut), menyalin partisi sistem anda ke SSD, dan memformat partisi sistem pada HDD.

Ketika mencadangkan drive, anda juga harus membuang ruang disk tambahan, katena SSD memiliki ruang yang lebih sedikit daripada hard disk drive biasa, agar sesuai dengan drive SSD.
 
Jadi, anda harus menghapus file pribadi, seperti video, foto, dan yang terutama file non sistem untuk membuat partisi anda sekecil mungkin. Backup semua tersebut di sebuah Hard drive external agar data bisa di ambil kembali suatu saat.



Sebelum dimulai, sangat dianjurkan untuk melakukan defrag pada hard drive sistem, sebelum anda memindahkannya ke SSD.

Aplikasi yang saat ini saya pakai untuk cloning hard disk drive adalah aplikasi EaseUS Todo Backup. Install aplikasi terlebih dahulu . Jika sudah selesai, berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan Windows 10 anda ke SSD:

  1.  Buka Aplikasi EaseUS Todo Backup.
  2.  Pilih menu Clone dari Sidebar sebelah kiri.
  3.  Pilih Disk Clone
  4. Pilih hard drive disk anda yang memuat sistem Windows 10 sebagai Clone Source, dan pilih SSD anda sebagai Target Location.
  5. Centang kotak Optimize for SSD (opsi ini untuk memastikan bahwa partisi anda diformat untuk SSD).
  6. Klik Next.
  7. Aplikasi EaseUS Backup akan mulai untuk menyalin Hard disk drive anda.

Jika perpindahan selesai tanpa adanya kesalahan, anda hanya perlu menghapus partisi Hard disk drive yang ada Windows 10 sebelumnya.

Untuk menghapus drive asli anda, lakukan hal berikut:

  1. Buka Windows Exproler.
  2. Pilih Drive sistem Windows 10 yang sebelumnya.
  3. Klik kanan, lalu pilih Format. 
  4. Tunggu sampai selesai.

Sampai disini proses memindahan Windows 10 dari Hard disk drive ke SSD sudah selesai, anda bisa mulai merasakan kecepatan yang diberikan oleh SSD.

Tetapi, jangan lupa untuk kembali merestore data pribadi anda yang sebelumnya sudah di backup ke lokasi hard drive anda yang sebelumnya di format.

Tugas sebuah SSD sudah cukup untuk melakukan proses Sistem Operasi Windows 10 dan penyimpanan data aplikasi. Untuk data pribadi, anda bisa menempatkannya di Hard disk drive lama anda yang sebelumnya sudah di format. 

Salam Uci Regno!

Artikel ini diambil dari berbagai sumber.


Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Clone atau Migrasi Windows 10 ke SSD Tanpa Install Ulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel