Hal Menarik Dari Raspberry Pi Yang Wajib Diketahui Para Pemula

raspberry pi adalah

Ketika pertama kali dibuat pada tahun 1945, komputer pada saat itu berdiameter besar dengan menghabisakan beban listrik yang tidak sedikit. Seiring berkembangnya jaman, komputer sedikit demi sedikit mengalami perampingan dari segi fisik maupun efisiensi daya. Termasuk Raspberry Pi ini, jadi apa Raspberry Pi itu ?

Raspberry Pi

Raspberry Pi bisa dibilang adalah komputer berukuran mini yang seukuran Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang saat ini ada di dalam dompet anda. Jangan remehkan perangkat ini dari ukurannya, Raspberry Pi bisa menjalankan program perkantoran, permainan komputer, pemutar media hingga menjalankan Video beresolusi tinggi.

Komputer papan tunggal ini memiliki banyak jenis, dimana dari satu jenis dengan yang lainnya memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Yang pasti Developer perangkat ini sungguh tau kapasitas penggunaan User yang berkembang seiring majunya teknologi saat ini.
  
Sejarah

Raspberry Pi ternyata dibuat dari kekhawatiran ilmuan di Universitas Cambridge dimana terlihat penurunan drastis keahlian mahasiswa yang belajar ilmu komputer pada tahun 2006. Hal ini wajar karena pada saat itu biaya sebuah komputer masih sangat mahal sekali, dan susah untuk masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, dibalik itu semua juga di awali dari keinginan untuk mencetak generasi baru programer yang unggul.

Dilansir dari situs resmi Raspberry Pi Foundation, dari rasa kekhawatiran dan keinginan mencetak generasi programer itulah munculah ide untuk mengembangkan perangkat komputer mini agar bisa dijadikan media belajar yang tentunya dengan harga terjangkau. Project ini di buat oleh Pete Lomas dan David Braben pada 2009 , mereka lalu membuat yayasan Raspberry Pi. Setelah 3 tahun berselang ketika Raspberry Pi Model B di produksi masal. Dalam waktu beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Dan angka tersebut terus berkembang setelah beberapa tahun kemudian.

Jenis Raspberry Pi

Raspberry Pi sudah banyak sekali mengeluarkan jenis-jenis yang berkembang seiring berkembangnya teknologi di dunia, beberapa di antaranya adalah:
  1. Raspberry Pi Model A
  2. Raspberry Pi Model B
  3. Model Compute Modul
  4. Raspberry PI 3 model B
  5. Raspberry PI 3 model B+
  6. Raspberry PI 4 model B

Dari Berbagai macam jenis Raspberry Pi tersebut, yang akan saya bahas adalah jenis PI 3 model B+ dan PI 4 model B saja, karena untuk jenis sebelumnya menurut saya sudah ketinggalan untuk penggunaan sekarang.

Raspberry Pi 3 model B+

  • Broadcom BCM2837B0, Cortex-A53 (ARMv8) 64-bit SoC @ 1.4GHz
  • 1GB LPDDR2 SDRAM
  • 2.4GHz and 5GHz IEEE 802.11.b/g/n/ac wireless LAN, Bluetooth 4.2, BLE
  • Gigabit Ethernet over USB 2.0 (maximum throughput 300 Mbps)
  • Extended 40-pin GPIO header
  • Full-size HDMI
  • 4 USB 2.0 ports
  • CSI camera port for connecting a Raspberry Pi camera
  • DSI display port for connecting a Raspberry Pi touchscreen display
  • 4-pole stereo output and composite video port
  • Micro SD port for loading your operating system and storing data
  • 5V/2.5A DC power input
  • Power-over-Ethernet (PoE) support (requires separate PoE HAT)

Raspberry Pi 4 model B
  • A 1.5GHz quad-core 64-bit ARM Cortex-A72 CPU (~3× performance)
  • 1GB, 2GB, or 4GB of LPDDR4 SDRAM
  • Full-throughput Gigabit Ethernet
  • Dual-band 802.11ac wireless networking
  • Bluetooth 5.0
  • Two USB 3.0 and two USB 2.0 ports
  • Dual monitor support, at resolutions up to 4K
  • VideoCore VI graphics, supporting OpenGL ES 3.x
  • 4Kp60 hardware decode of HEVC video
  • Complete compatibility with earlier Raspberry Pi products
Baca Juga :  Mengapa memilih Arduino Uno?
Apa perbedaan PI 3 model B+ dan PI 4 model B

Sudah jelas untuk PI 4 model B termasuk produk terbaru dari Raspberry Pi yang dirilis tahun 2019 lalu. Dari kapasitas PI 4 model B sudah memiliki SDRAM dari 1GB hingga 4GB, beda dengan PI 3 model B+ dimana hanya menyediakan 1GB SDRAM saja.

Selain itu untuk keunggulan lainnya yang cukup signifikan adalah Raspberry PI 4 model B telah menambahkan Port USB type C untuk menyuplai daya, sehingga kita bisa menyalurkan daya menggunakan charger bawaan HP.

Project Raspberry Pi

Dengan sebuah komputer berukuran mungil yang sudah memiliki OS tersendiri, kita bisa membuat berbagai project yang mungkin saja bisa menginspirasi anda, apa saja project tersebut?
  1. Smart Home. Perangkat ini bisa kita buat untuk mengontrol setiap perangkat rumah anda dengan satu alat saja. membuat aplikasi Smart Home dengan Raspberry Pi memungkinkan anda untuk memonitor peralatan anda di rumah dari jarak manapun anda inginkan. anda bisa menyalakan lampu rumah, mengecek suhu ruangan, bahkan bisa dijadikan alat pendeteksi maling hanya dengan perangkat ini. 
  2. Membuat Cloud Server. Ketika anda sudah merasa tidak aman dengan layanan yang diberikan Google Drive ataupun Dropbox, project ini bisa menjadi solusi bagi anda. Raspberry pi bisa dijadikan sebuah penyimpanan data dengan biaya murah dengan kualitas yang tinggi. Yang paling penting sebelumnya adalah selalu mengkoneksikan Raspberry anda ke layanan internet 24 jam. 
  3. CCTV Rumah. Ketika anda mempunyai pengalaman yang buruk mengenai kejahatan yang ada di perkomplekan anda, jangan khawatir. Raspberry pi sudah dilengkapi dengan fitur motion sensor kamera, sehingga anda dapat memanfaatkannya sebagai kamera pemantau yang dapat memonitoring kondisi rumah anda dimana saja. dengan pengetahuan dasar programing dan mempunyai tekad yang kuat untuk membuat perangkat ini, anda akan segera bisa menikmati hasilnya yang sangat bermanfaat
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hal Menarik Dari Raspberry Pi Yang Wajib Diketahui Para Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel