5 Tips memilih laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa


Kebutuhan akan laptop untuk pelajar dan mahasiswa sudah menjadi kewajiban di zaman serba digital ini. Walaupun smartphone sudah bisa melakukan berbagai hal pekerjaan, tetapi dengan kapasitasnya tidak bisa menunjang pekerjaan yang lebih berat.

Banyak dari mereka yang bingung memilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhannya, alhasil pilihannya tidak selalu tepat.
daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik lihat dulu 5 tips memilih laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa berikut.

1. Mengerti Spesifikasi Yang Baik

Satu hal yang sangat penting di dalam mencari laptop yang baik adalah menentukan spesifikasinya, saya sudah membuat 2 daftar spesifikasi laptop yanng banyak sekali di cari kalangan pelajar atau mahasiswa, di antaranya yaitu spesifikasi minimal dan tinggi. Berikut rangkumannya :‌

‌-Spesifikasi Minimal
Biasanya di pakai oleh pengguna yang hanya melakukan Browsing Internet atau mengetik di aplikasi MS Word. Penggunaan tidak terlalu berat dan jangka pemakaian tidak lebih dari 6 jam sehari.
Spesifikasinya adalah :
-Processor Intel Core i3
-RAM 4 GB
-HDD min 350 GB
-OS Win 10

-Spesifikasi Standar
Penggunaan sudah merambah ke aplikasi yang membuat kinerja laptop cukup extra, contohnya aplikasi design, perhitungan, dan pemograman.
Atau penggunaan yang membuka aplikasi lebih dari satu tab, dan pemakaian nonstop 12 jam sehari atau lebih.
Spesifikasi yang di sarankan adalah:
-Processor Intel Core i5
-RAM 8 GB
-Memiliki VGA/GPU
-HDD MIN 500 GB
-OS Win 10

2. lihat Design dan Kekokohan Body

Aktifitas pelajar atau mahasiswa yang hampir setiap hari membawa laptop ke sekolah membuat kekokohan menjadi nilai yang sangat penting untuk dijadikan penilaian.
Pilihlah merek laptop yang memiliki sertifikat ketahanan benturan. Setidaknya produk tersebut sudah terjamin ketahanannya.
Design yang tipis pun tidak disarankan untuk aktifitas yang pemakaian banyak di luar.

3. Pastikan Memakai Sistem Operasi Original

Sangat disarankan untuk membeli laptop yang memiliki Sistem Operasi Original, karena hal ini akan menyelamatkan anda di kemudian hari, kecuali anda adalah orang yang ahli di dalam bidang crack lisensi software.
Karena biasanya jika tidak memiliki Sistem Operasi bawaan, penjual akan memberikan Sistem Operasi Bajakan, yang dalam waktu 3 bulan sistem akan meminta anda untuk membeli Lisensi. Dan tentu saja akan mengganggu aktifitas anda.

4. Tanyakan Garansi

Garansi merupakan kewajiban di setiap komoditas elektronik saat ini, karena menyangkut kepercayaan konsumen ke produsen. Tapi yang di tekankan adalah kejelasan dan kemudahan akses garansi pada seriap produk yang kita beli. Teliti dalam memilih garansi akan menyelamatkan anda di kemudian hari.

5. Harga menentukan Kualitas

Masih banyak orang yang ingin membeli suatu produk dengan spesifikasi tinggi tapi harga minimal. Padahal sudah jelas bagusnya komponen elektronik berbanding lurus juga dengan harganya.
Jadi jangan kaget jika spesifikasi laptop yang baik, harganya pun cukup tinggi.

Memilih laptop terbaik memang bisa dibilang susah-susah gampang, tapi dengan mengetahui apa yang dibutuhkan, anda bisa menghemat biaya / mengumpulkan uang untuk membeli laptop yang kita inginkan.
Perencanaan yang matang memang menjadi hal yang perlu anda lakukan dalam hal tersebut.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang membaca, dan menemukan laptop yang terbaik tanpa menyesal di kemudian hari

Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips memilih laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel