2 Komponen Ini Bisa Membuat Android Studio Mu Lancar, Upgrade Dan Buktikan!





Tips ini cocok untuk anda yang sudah mempunyai sebuah laptop dan memiliki Spesifikasi Nanggung alias Standar,  biasanya sering terjadi dikalangan mahasiswa Teknik Komputer atau yang selalu bergelut di bidang pemograman, karena aplikasi-aplikasi yang dipakai hampir semuanya berat.


Salah satunya yaitu Aplikasi Android Studio.

Di awal semester perkuliahan biasanya orang tua langsung membelikan laptop, karena mulai banyak tugas yang menumpuk. Laptop dengan spesifikasi standar pun di pilih karena tugas yang dirasa belum berat, dan pemakaiannya pun masi sebatas membuat laporan di MS Word.

Tetapi akhirnya menjadi masalah ketika perkuliahan sudah berlangsung di pertengahan semester karena banyak mata kuliah yang mulai memberikan tugas menggunakan aplikasi yang berat.

Daripada membeli laptop baru dengan harga yang lebih tinggi, ternyata hanya cukup upgrade 2 komponen ini dan aplikasi berat tadi akan terasa ringan.
Orang tua pun tidak perlu mengeluarkan kocek yang sangat besar untuk membeli barang tersebut.


Namun sebelumnya anda harus mengerti terlebih dahulu apa saja yang harus di perhatikan sebelum upgrade komponen tersebut.

1. Mengenal Spesifikasi Laptop

Hal awal yang perlu diperhatikan dalam upgrade komponen adalah mengetahui spesifikasi laptopmu sendiri. Caranya cukup mudah. Cukup menekan tombol (Windows + R) lalu ketik "dxdiag" tanpa tanda petik, selanjutnya akan muncul keluaran seperti gambar di bawah.

Dxdiag uciregno.com

Gambar diatas menjelaskan bahwa laptop ini memiliki OS Windows 10, dengan system model Lifebook E546 dengan Processor Intel Core i5 dan Memory atau RAM sebesar 8192MB atau 8GB.

Anda hanya cukup melihat bagian Processor dan RAM saja, catat spesifikasi tersebut di secarik kertas atau aplikasi note di smartphone.

Kebanyakan spesifikasi standar sebuah laptop saat ini adalah dengan Processor Intel Core i3, RAM 4 GB, dengan Harddisk atau HDD yang berukuran 1 TB (Terabyte).
Jika memiliki spesifikasi demikian, anda sudah bisa lanjut ke step selanjutnya.

Tetapi jika spesifikasinya dibawah itu, contohnya Processor Inter Inside, RAM 2 atau 4 GB, dengan HDD berukuran 500 s/d 1 TB. Spesifikasi laptop ini tidak memenuhi syarat untuk menggunakan aplikasi Android Studio, tetapi jika mengupgrade komponen Processor menjadi Intel Inside Core i3, Posisi anda sudah aman.

2. Perbandingan HDD dengan SSD

HDD atau (Hard Drive Disk), adalah perangkat keras penyimpanan data, sama halnya pula dengan SSD atu (Solide State Drive).
Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti HDD yang merupakan piringan berputar untuk menyimpan atau mengambil data.

Dengan begitu, SSD baru-baru ini sangat diungguli dalam media penyimpanan data maupun pemroses system yang terdapat di sebuah laptop.
Lihat tabel di bawah berikut.

SSD vs HDD infographic 
Dalam tabel tersebut terlihat mana yang lebih unggul dalam segi kecepatan, segi hemat listrik, juga tenggang waktu ketika melakukan backup data. seperti SSD lebih unggul telak dari HDD.
HDD memiliki banyak kelemahan di banyak hal,

Komponen inilah yang saya sarankan untuk diupgrade untuk memperbaiki kinerja laptop anda agar bisa langsung cepat.
SSD bisa di taruh di slot HDD yang ada atau hanya menambahkan saja di slod DVD Room laptop, dimana jaman sekarang hampir semua sudah meninggalkan media DVD untuk melakukan transfer data.
Tak apa untuk membeli SSD ukuran 125 atau 256. 

harga sebuah SSD baru untuk ukuran Rp. 900.000,- s/d Rp.2.000.000,-


3.Upgrade RAM standar
Standar sebuah RAM agar bisa menjalankan sebuah Android Studio adalah 4GB, itu hanya untuk menjalankan saja dan dari pengalaman saya memang bisa berjalan, tetapi kita harus sabar karena harus terima loading yang sangat lama.

Kalian boleh menimbang kembali untuk upgrade RAM, tetapi untuk saya sendiri sangat menyarankan minimal menambah kapasitas RAM menjadi 8GB.

Tetap ada yang harus anda lihat ketika menambah RAM di laptop, yaitu kapasitas maksimal upgrade RAM di motherboard anda.

Caranya yaitu hanya perlu ke situs resmi merek laptop anda, lalu ketik type laptopnya, dan cari kapasitas maksimal slot ram disitu. cukup simple kan.

Harga RAM baru ukuran 8 Gb adalah RP. 900.000,-

4. Penutup

Sudah terbukti dengan mengupgrade komponen RAM dan HDD bisa membuat komputer anda menjadi lebih cepat, dan untuk menjalankan aplikasi serupa Android Studio.

Total biaya yang dikeluarkan tidak semahal ketika kita membeli komputer baru, anda bisa cek sendiri harga yang sesuai dengan kantong anda, dan sangat disarankan sekalli spesifikasi minimal RAM dan SSD yang sudah saya sarankan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.
Salam Uci Regno.
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Komponen Ini Bisa Membuat Android Studio Mu Lancar, Upgrade Dan Buktikan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel