Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rekomendasi Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik di Indonesia!

Sahabat Uciregno, apakah kalian saat ini sedang merasa bahwa kesehatan mental kalian sedang tidak baik-baik saja?
Selalu merasa cemas, takut, stres, depresi dan bahkan mungkin pernah ada terlintas dibenak kalian ingin sekali mengakhiri hidup?
rekomendasi aplikasi kesehatan mental terbaik

Jika sahabat Uciregno sedang berada pada situasi semacam ini mungkin dapat dihadapi dengan datang langsung ke psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi.
Namun, karna situasi saat ini masih Pandemi COVID-19 dan membuat kalian khawatir untuk melakukan konsultasi secara langsung.
Untuk itu Uciregno akan merekomendasikan beberapa aplikasi kesehatan mental yang dapat kamu gunakan untuk menghadapi masalah gangguan kesehatan mental mu, Nah kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai solusi sementara ya. Namun ingat, solusi ini sifatnya hanya sementara, apabila kalian merasa tidak ada perubahan dan masih merasa tidak nyaman setelah menggunakan aplikasi ini silahkan untuk datang langsung ke psikolog ataupun Psikiater untuk mendapatkan penanganan secara medis. 

Nah, Berikut ini adalah daftar aplikasi mental health yang dapat membantu kamu menghadapi masalah kesehatan mental mu.

1. MoodMission

Aplikasi MoodMission ini akan memberikan mu berbagai pertanyaan tentang perasaan mu saat ini. Lalu, dari jawaban tersebutlah kamu akan mendapatkan 5 kegiatan atau misi yang harus kamu lakukan.
Seperti contohnya adalah, latihan pernafasan untuk mengatur emosi, lalu ada belajar menjahit dan merajut untuk latihan perilaku, selanjutnya untuk melatih fikiran dengan belajar memandang segala sisi dari hal yang positif.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang merasakan sedih dan terserang gangguan mood.

2. MindShizt 

Aplikasi mental health yang wajib kamu coba adalah MindShif.
Aplikasi ini bukan hanya memberikan solusi atas kecemasan atau masalah kesehatan mental lainnya. Akan tetapi lebih dari itu, aplikasi ini juga akan mengubah pola pikir mu tentang kecemasan.
Dan jika kamu adalah tergolong orang yang perfeksionis dan mulai terganggu dengan sifat perfeksionis diri mu itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi MindShift ini untuk melawannya, lho! Selamat mencoba!

3. Riliv

Riliv adalah aplikasi yang digarap oleh anak bangsa, aplikasi ini tidak kalah hebatnya dengan aplikasi mental health yang lainnya. Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu bisa langsung unduh secara gratis pada Google Play Sore. Segera unduh karna 
Riliv ini memfasilitasi penggunanya untuk berkonsultasi masalah pribadinya secara gratis kepada psikolog profesional atau mahasiswa psikologi. Hebat bukan? Untuk Psikolognya sendiri terdiri dari enam psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikolog (yang disebut reliever) yang berasal dari kampus-kampus ternama di Indonesia seperti: Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, serta Universitas Negeri Surabaya.

Relawan mahasiswa psikolog yang terdaftar di aplikasi ini lebih berfungsi sebagai teman pendengar atau tempat curhat, bukan untuk pemberi solusi dari masalah yang dihadapi. Apabila kamu ingin mendapatkan jawaban dan saran medis, maka kamu dapat berlangganan fasilitas premium berbayar yang berguna untuk berkonsultasi langsung dengan psikolog atau terapis profesional yang sudah berlisensi yang terkait pada bidangnya.

4. SAM

Self-help Anxiety Management atau SAM ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu orang mengelola kecemasan mereka. Pengguna aplikasi ini dapat merekam tingkat kecemasan mereka dan juga bisa mengidentifikasi pemicu stres dan kecemasan yang berbeda. Aplikasi SAM ini mencakup 25 pilihan swadaya yang berfungsi untuk membantu pengguna mengelola gejala fisik dan mental akibat dari kecemasan, misalnya teknik pernapasan.

Self-help Anxiety Management atau yang biasa disingkat dengan SAM. Awalnya aplikasi ini dikembangkan oleh tim psikolog dan pakar komputer dari University of West England yang berfungsi untuk menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik dan juga praktis bagi masyarakat.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur salah satunya adalah fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk secara anonim berbagi pengalaman mereka dengan pengguna SAM lainnya.

5. What’s Up?

What's Up merupakan aplikasi yang gratis dengan tujuan untuk mengelola kesehatan mental penggunanya dengan menggabungkan aspek dari terapi CBT dan terapi komitmen untuk menciptakan strategi mengatasi masalah yang dipersonalisasi terkait kecemasan, depresi, amarah, dan juga stres.

Poin yang menonjol dari aplikasi ini adalah pelacak kebiasaan baik dan buruk yang kamu lakukan setiap kali mengatasi masalah, yang bisa kamu jadikan panduan, serta 3 teknik pernapasan mudah agar kamu bisa tetap tenang dan santai di kala kamu merasa kewalahan dalam mengontrol emosi mu.

Hebatnya lagi aplikasi ini juga memiliki fitur buku harian, hal ini dapat mempermudah kamu dalam merekam setiap pemikiran dan perasaan yang kamu miliki, dilengkapi juga dengan kemampuan untuk menilai perasaan kamu mulai dari skala 1-10.
Untuk mendapatkan aplikasi What’s Up? Kamu cukup dengan mengunduh nya di Google Play Store dan iOS.

6. SuperBetter

Untuk rekomendasi aplikasi mental health yang terakhir adalah SuperBetter aplikasi ini  Memiliki metode yang berbeda dari aplikasi mental health lainnya, SuperBetter didesain dengan konsep game yang dapat meningkatkan fokus, optimisme, dan motivasi hidup.

Aplikasi ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati penggunanya, yaitu dapat mengatasi kecemasan dan stres.
Tidak hanya itu, SuperBetter ini mampu meningkatkan kepercayaan diri kamu.
Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk kamu yang didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan dan trauma.

Penutup

Nah, itu tadi deretan aplikasi kesehatan mental yang mampu membuat hidupmu menjadi lebih tenang. Apabila kamu tertarik untuk mengunduhnya Langsung saja ke Google Play Store dan App Store.

Selamat mencoba!

Penulis: Leni
Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

1 comment for "6 Rekomendasi Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik di Indonesia!"