Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Data (System C) ke SSD Tanpa Installasi Ulang

Dalam beberapa tahun terakhir ini SSD atau Solid state drive menjadi alternatif pilihan yang paling tepat, sebab ia lebih cepat dan juga lebih ringan, dari pada Hardisk atau HDD. Kualitas nya sudah tidak diragukan lagi. Saat ini SSD telah menjadi tren pilihan penyimpanan pengganti hardisk. Di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan justru SSD akan menggantikan peran hardisk sebagai media penyimpanan di komputer ataupun Laptop. Terlebih lagi SSD ini cukup efektif untuk mengatasi masalah lambat pada Windows 10.


Nah apabila kamu baru saja membeli SSD dan akan memindahkan seluruh data System C ke SSD namun kamu tidak ingin melakukan installasi ulang. Maka artikel ini cocok untuk kamu, simak sampai selesai ya!

Berikut adalah langkah-langkah Memindahkan Data (System C) ke SSD tanpa Installasi Ulang :

Uciregno sangat Menyarankan untuk terlebih dahulu membackup data milik mu. Hal ini berguna agar dapat menghindari adanya kesalahan seperti mati listrik, salah klik atau masalah lainnya saat melakukan proses migrasi ini.

1. Langkah awal yang bisa sahabat Uciregno lakukan adalah dengan menghubungkan SSD baru milik mu ke laptop atau komputer dengan menggunakan Konektor Sata to USB.

2. langkah kedua adalah, kamu harus memastikan SSD yang kamu gunakan belum dipartisi atau masih dalam keadaan unlocated. Apabila sudah terlanjur di partisi, silahkan delete atau hapus partisi yang ada pada SSD.

3. Langkah ke tiga adalah dengan membuka Software EaseUS Todo Backup yang sudah terpasang pada Laptop ataupun komputer kamu.

4. Langkah ke empat, cek pada halaman software EaseUS Todo Backup, lalu kamu klik pada menu Clone yang ada di bilah menu bagian sebelah kiri, Sehingga kamu akan melihat halaman baru yang terbuka dengan nama System Clone.

5. Selanjutnya, Pada halaman System Clone itu, silahkan berikan tanda Checklist atau tanda centang yang berada pada bagian System Clone apabila kamu hanya ingin mengcopy atau hanya menggandakan bagian Windows dan aplikasinya saja.

Akan tetapi apabila kamu ingin menggandakan seluruh partisi hardisk ke SSD, maka selanjutnya, silahkan centang juga yang berada pada bagian Drive D: , Dirive : , dan seterusnya,  kamu dapat menyesuaikan dengan partisi yang ada pada Hardisk milik mu.

Lalu selanjutnya pada bilah bagian sebelah kanan, kamu pilih SSD tujuan, atau penyimpanan SSD yang ingin digunakan untuk mengcopy data dari Hardisk.

Apabila semuanya sudah dirasa benar, maka langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu melakukan klik pada Tombol Proses yang ada di pojok kanan bawah.

6. Langsung selanjutnya hanya tinggal menunggu sampai proses Cloning selesai.

7. Nah, selanjutnya apabila proses Clonning isi hardisk ke SSD sudah selesai, kamu sudah bisa melepaskan hardisk pada laptop milik mu dan dapat menggantinya dengan SSD yang baru saja kamu clone tadi, lalu hasilnya, laptop mu akan langsung dapat dibooting ke windows tanpa perlu lagi install ulang Sistem Operasi dan juga software aplikasi yang kamu butuhkan.

Nah, itu dia cara memindahkan data OS (system c) tanpa harus menginstal ulang. Semoga artikel tentang cara migrasi OS dari HDD ke SSD ini bermanfaat untuk sahabat Uciregno semua. Apabila sahabat Uciregno memiliki pertanyaan, Silahkan sampaikan pertanyaan mu pada kolom komentar ya.

Penulis: Leni
Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "Cara Memindahkan Data (System C) ke SSD Tanpa Installasi Ulang"