Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Masalah Umum Pada Windows 11 dan Cara Mengatasinya

Microsoft kini mengambil langkah baru dengan menghadirkan penyegaran dan terbukti hasilnya sangatlah menawan. Pada Oktober 2021, Sistem Operasi terbaru milik nya itu telah resmi dirilis dan sudah mulai banyak digunakan. Pada awal Desember 2021, AdDuplex melakukan sebuah survei dan ia menyebutkan bahwa angka adopsi Windows 11 telah mencapai angka adopsi 8.9 persen.


Windows 11 memiliki beragam fitur terbaru yang dapat menarik minat pengguna setianya untuk segera mencoba. Salah satu fitur yang sangat membuat penasaran adalah Fitur Auto HDR dan Direct Storage yang membuat pengalaman gaming menjadi jauh lebih seru dan menarik. 

Namun dibalik kelebihan nya itu, pengguna masih saja mengeluhan terhadap sistem operasi Windows 11. Seperti lingkungan sistem operasi lainnya, Windows 11 juga memiliki beberapa masalah yang dapat memusingkan pengguna apabila tidak segera diperbaiki.
masalah umum yang terjadi pada windows 11

Nah, berikut ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada Windows 11 dan cara mengatasinya. Simak artikel Uciregno sampai selesai ya!

1. Windows 11 Tidak Dapat Terinstall Karena Kapasitas Penuh.

Apabila kamu ingin meng-install Windows 11. Pastikan bahwa kapasitas penyimpanan komputer mu 64GB atau lebih. Sebab Microsoft telah menetapkan persyaratan minimum nya yakni 64GB. Apabila hard Drive komputer milik mu hampir penuh, maka dapat dipastikan kamu akan mengalami masalah dalam melakukan instalasi.

Apabila hal itu terjadi untuk mengatasi nya sangat lah muadah, yang perlu kamu lakukan cukup mengurangi file yang ada pada C: drive. Langkahnya sebagai berikut: Pertama, ketik “:Disk Clean-up” di search box pada taskbar lalu pilih “C: drive”. Selanjutnya kamu pilih file yang ingin kamu hapus lalu tekan OK. Apabila kamu ingin mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan lagi, maka klik “Clean Up System Files”. Apabila sudah selesai, kamu dapat mengulangi proses instalasi Windows 11 yang sebelumnya kamu coba namun gagal.

2. Terjadi Masalah pada Start Menu dan Menu Konteks.

Kebanyakan para pengguna lebih sering mengandalkan tombol Start Menu untuk mencari berbagai hal, dan pada Windows 11 fitur ini masih ada. Akan tetapi ada beberapa laporan yang menyuarakan bahwa ada sejumlah pengguna yang mengalami masalah aneh, yakni di mana tombol Start itu terkadang tidak bisa memunculkan Start Menu.

Microsoft sendiri membagikan bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan membuka Windows + R, dan jika sudah terbuka maka segera tutup. Sungguh cara ini berhasil untuk memperbaiki bug yang ada. Pada pembaruan yang akan datang Microsoft telah menjanjikan perbaikan bug aneh ini. Sehingga para pengguna tidak perlu khawatir.

3. Startup dan Shutdown Yang lambat.

Masalah umum yang sering terjadi pada Windows 11 selanjutnya yaitu lambatnya proses startup atau proses saat menyalakan perangkat dan mematikan perangkat. Namun hal demikian ini bukanlah hal yang baru, hal Ini juga seringkali terjadi pada sistem operasi terdahulu. Sebagian besar masalah ini terjadi yakni berasal dari program dan aplikasi yang terbuka saat perangkat dinyalakan, yang dapat memakan banyak CPU dan juga RAM. 

Nah, Cara untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah  hanya dengan menonaktifkan program yang terbuka saat startup, sehingga hal ini akan mempercepat proses lainnya pada latar belakang.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya, kamu cukup membuka Task Manager, selanjutnya buka tab Startup. Maka nantinya akan muncul daftar aplikasi dan juga program yang dimuat saat perangkat dinyalakan, kemudian kamu hanya perlu mematikannya lewat tombol yang ada pada bagian bawah.

4. Internet menjadi lebih lemot setelah menginstal Windows 11

Setelah menginstal Windows 11, banyak pengguna yang mengeluhkan internet nya menjadi sangat lambat . Hal ini disebabkan karena performa Wi-Fi mengalami penurunan. Microsoft pun mengaku sudah mengetahui perihal masalahan ini dan telah berjanji untuk memberikan penyelesaian pada update terbaru Windows 11. Jika kamu mengalami masalah ini solusi sementara, adalah dengan menggunakan dongle Wi-Fi untuk memperbaiki performa internet.

5. Papan Widget Kosong

Beberapa pengguna Windows melaporkan banyak papan widget yang kosong. Sedangkan papan Widget ini berfungsi untuk menyimpan aplikasi kecil dan dapat mengakses cepat untuk informasi seperti halnya berita ataupun kegiatan pada kalender kamu. Namun, untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah. Kamu cukup melakukan sign out dan sign in kembali dengan menekan icon yang ada pada pojok kanan atas papan widget.

6. Memori Penuh

Masalah yang sering dialami para pengguna Windows 11 lainnya adalah pada memori yang penuh. Adapun alasannya adalah karena aplikasi yang sudah tidak digunakan dan ditutup namun masih menggunakan RAM. Cara mengatasi nya dengan, membuka Task Manager kemudian lakukan Restart File Explorer atau lakukan reboot.

Penutup

Itulah dia sejumlah permasalahan umum yang sering terjadi pada pengguna Windows 11. Seperti yang sudah Uciregno singgung di atas, bahwa untuk menjalankan sistem operasi Windows 11 dibutuhkan standar spesifikasi pada komputer kita. Apabila kamu salah satu pengguna Windows yang telah melakukan upgrade ke Windows 11 dan mengalami masalah di atas semoga artikel ini dapat membantu mengatasi permasalahan mu.

Penulis: Leni

Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "6 Masalah Umum Pada Windows 11 dan Cara Mengatasinya"