Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tipe-tipe kecerdasan pada anak, dan Cara untuk mengembangkannya

Tipe-tipe kecerdasan yang selama ini dikenal oleh kebanyakan orang umumnya hanya terbatas pada aspek yang itu-itu saja. Misalnya saja, kecerdasan logika matematika, adapun kecerdasan logika matematika ini adalah kemampuan anak dalam mengenal angka dan cakap berhitung dengan cepat. Sehingga kebanyakan orang tua akan bangga apabila anaknya pandai dalam pelajaran matematika namun akan menganggap anak nya bodoh apabila tidak pandai dalam matematika. Padahal, menurut pakar Psikologi dari Amerika yaitu Howard Gardner, Ph.D, menyatakan bahwa kecerdasan itu mencakup banyak aspek dalam segi kehidupan sehari-hari. Bukan saja kecerdasan logika matematika.

tipe tipe kecerdasan pada anak

Menurut pakar Psikologi asal Amerika tersebut, bahwa setiap orang pasti memiliki beberapa jenis kecerdasan, yang mungkin berbeda dengan orang lain. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa ada sembilan jenis kecerdasan dan seorang anak bisa memiliki lebih dari satu kecerdasan. Misalnya saja saat anak begitu kuat dalam analogi matematika tidak menutup kemungkinan ia juga memiliki kecerdasan visual.

Untuk mengetahui apa saja Tipe-tipe kecerdasan pada anak dan bagaimana cara agar dapat mengembangkannya, simak artikel berikut ini sampai selesai ya!

Berikut ini adalah Tipe-tipe kecerdasan pada anak dan cara untuk mengembangkannya.

1. Kecerdasan Logika Matematika

Karakteristik kecerdasan logika matematika meliputi beberapa kemampuan yaitu: Memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, kemampuan berpikir logis, suka berpikir tentang konsep yang abstrak, suka melakukan eksperimen ilmiah, mampu menyelesaikan hitungan yang rumit, memahami sebab akibat, suka dalam hal teka-teki, serta memiliki ketertarikan pada angka.

Adapun cara untuk mengembangkannya adalah dengan mengenalkan konsep angka dan berhitung sejak dini, mengajak anak untuk melakukan permainan strategi, dan juga mengajak anak untuk melakukan percobaan ilmiah sederhana.

2. Kecerdasan Kinestetik

Apabila seseorang memiliki kecerdasan kinestetik maka seseorang tersebut akan memiliki pergerakan tubuh, aksi, dan juga kekuatan fisik yang sangat baik. Anak-anak  yang memiliki kecerdasan ini juga akan memiliki koordinasi tangan dan juga kaki serta ketangkasan yang baik.

Karakteristik yang biasanya dimiliki oleh seseorang yang memiliki kecerdasan kinestetik adalah sebagai berikut: Memiliki kemampuan menari dan berolahraga yang baik, suka menciptakan sesuatu dengan tangannya sendiri, kordinasi fisik yang sempurna, lebih mudah dalam mengingat sesuatu apabila sambil melakukannya, dibanding dengan mendengar atau melihat

3. Kecerdasan Bahasa

Karakteristik dari kecerdasan ini meliputi kemampuan mengolah kata, penguasaan tata bahasa, dan juga kemampuan dalam menuangkan informasi dan ide dengan menggunakan tulisan. 

Adapun upaya untuk melatihnya adalah dengan cara sering diajak bercakap-cakap, akan sangat lebih baik hal ini bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Apabila setelah lahir anak juga coba untuk sering diajak berbicara dengan orang tua, atau teman bermainnya, serta sering dilatih untuk menceritakan dongeng dan menyanyikan lagu anak-anak.

4. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis ini meliputi ketertarikan anak terhadap mempelajari lingkungan, alam, tumbuhan, hewan, serta benda-benda langit. Cara untuk mengembangkan kecerdasan ini adalah dengan mengajak anak untuk memelihara hewan dan merawat, mengajak berwisata di alam seperti kebun binatang, dan menjelaskan ilmu-ilmu seputar ilmu alam.

5. Kecerdasan Moral

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini maka ia memiliki karakteristik sebagai berikut: memahami tuntutan beradab dan berperilaku di masyarakat, serta norma sosial. Cara dalam mengembangkannya adalah dengan mengajak anak untuk berdiskusi atas norma masyarakat serta membacakan cerita dengan pesan-pesan moral.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Seseorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal memiliki kemampuan mengenali diri sendiri, percaya diri, mengekspresikan perasaan, serta mampu menyatakan apa yang disukai dan tidak disukai. Nah, cara dalam mengembangkan kecerdasan ini adalah dengan melatih anak tekun dan bertanggung jawab atas tugasnya, dan juga mempercayakan anak terhadap tugas-tugas tertentu.

7. Kecerdasan Musikal

Memiliki kepekaan terhadap irama, nada, ritme musik. Serta kemampuan untuk bernyayi, bersenandung, atau berekspresi menggunakan alat musik. Adalah karakteristik seseorang yang memiliki kecerdasan musikal.

Adapun cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan bernyanyi. Serta mengajarkan anak dalam menyanyikan lagu-lagu sederhana yang disesuai dengan usia mereka. Melakukan aktivitas dengan bernyanyi, misalnya saja saat mandi dan bangun pagi. ataupun juga saat belajar upayakan buat irama untuk menghapal materi.

8.Tipe Kecerdasan Visual Spasial

Anak yang memiliki tipe kecerdasan ini memiliki karakteristik Sebagai berikut: Senang menulis dan membaca, pintar dalam menyusun puzzle, dapat menginpretasikan gambar dan grafik dengan bagus, sangat
menikmati aktivitas menggambar, melukis, dan seni visual lainnya.

Selain itu ia juga mampu mengenali pola dengan sangat mudah. Tidak sampai disitu, anak-anak yang memiliki kecerdasan ini cenderung akan sangat pandai dalam memvisualisasikan berbagai hal. Mereka mudah memahami petunjuk arah, peta, grafik, video, dan juga gambar.

Nah berikut ini adalah cara untuk mengembangkan kecerdasan ini.
Yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan seperti melukis, mewarnai, dan mendesain. Ajak si anak untuk menyelesaikan teka-teki atau aktivitas 3D lainnya.

9. Kecerdasan Interpersonal

Seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang kuat, akan pandai dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Serta terampil dalam menilai emosi, keinginan , motivasi, dan juga niat orang-orang yang ada di sekitarnya.

Adapun cara untuk mengembangkannya adalah dengan mendorong aktivitas kolaboratif sang anak bersama dengan teman-temannya. Serta perkenalkan juga pada buku dan pengalaman lintas budaya. Orang tua juga dapat membantunya untuk belajar berbagi dan bernegosiasi.

Penutup

Nah, itu dia macam-macam dari tipe kecerdasan anak. Dengan mengetahui Tipe-tipe kecerdasan anak, para orang tua dapat memberikan pengembangan belajar yang lebih bervariasi. Namun selain untuk memberikan pengembangan belajar yg lebih bervariatif juga para orang tua sangat penting untuk memberikan nutrisi yang sehat dan baik agar perkembangan anak dapat berkembang dengan baik.

Penulis: Leni
Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "Mengenal Tipe-tipe kecerdasan pada anak, dan Cara untuk mengembangkannya"