Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, 8 Tips Ini Dapat Kamu Coba

Untuk menghilangkan suatu kebiasaan buruk tidak lah mudah.

Seperti kelihatannya.

Nyatanya saat seseorang sadar dengan kebiasaan buruknya dan ingin mengubahnya kepada kebiasaan yang lebih baik. Namun, kebanyakan orang tak kunjung melakukan perubahan, karena untuk merubah suatu kebiasaan butuh waktu dan usaha yang sangat ekstra. Mengubah suatu kebiasaan bukan lah hal yang sederhana, meski terlihat gampang.
karena kebiasaan adalah hal yang terbentuk, bukan turun dari langit begitu saja.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk
Foto Kucing Malas dari Pexels
Memang tidak mudah untuk mengubah suatu kebiasaan. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan suatu kebiasaan buruk, secara bertahap. Strategi tersebut bisa tercapai apabila kita melakukan perencanaan dengan baik, usaha dan fokus dengan maksimal.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk

Nah, berikut ini beberapa cara untuk  menghilangkan suatu kebiasaan buruk yang dapat kamu coba lakukan secara rutin, sehingga akhirnya dapat menggantikannya dengan kebiasaan yang lebih positif.

1. Menyadari kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan.

Langkah awal untuk menghilangkan suatu kebiasaan buruk adalah dengan menyadari bahwa yang kamu lakukan merupakan kebiasaan buruk. Selalu tanamkan pada pikiran mu bahwa kebiasaan ini merupakan hal negatif yang harus segera kamu hilangkan. Hal demikian dapat membantu mu dalam menahan diri untuk melakukannya lagi.

2. Membuat rencana yang matang

Membuat rencana yang matang merupakan suatu cara yang paling penting untuk memulai dalam merubah kebiasaan buruk. Atur dan pastikan mulai kapan kamu akan menghentikan kebiasaan itu, selanjutnya pikirkan juga upaya apa saja yang akan kamu lakukan. Lalu buat target dari waktu ke waktu mengenai perubahan yang kamu lakukan. Namun, pastikan juga untuk realistis dalam menentukannya. Nah, jangan sampai malah membuat kamu menjadi malas untuk melakukannya. Mengubah sedikit-sedikit tapi tuntas jauh lebih baik, ketimbang sekaligus tapi malah macet di tengah jalan.

3.Tuliskan peringatan yang positif

Agar dapat membantu kamu dalam  menghentikan suatu kebiasaan buruk, kamu dapat menuliskan peringatan baik di ponsel kamu ataupun memo yang dapat ditempel pada dinding. 
Kamu dapat menuliskannya dengan kata-kata yang positif, Contoh nya “Saya harus berhenti merokok, karena saya harus sehat, agar bisa melakukan banyak hal!”. Hal tersebut dapat mengingatkan kamu untuk tidak melakukan kebiasaan yang sedang kamu upayakan untuk hindari.

4. Cari dukungan

Jika kamu sedang ingin mengubah kebiasaan buruk mu, cobalah untuk mencari dukungan. Teman yang sama-sama sedang mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk, baik itu teman bermain atau bisa saja teman yang kamu temui dalam suatu komunitas. Kalian bisa saling berbagi cerita. 
Hal itu akan membuat kamu merasa mendapat dukungan dan akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat lagi untuk menghentikan kebiasaan buruk yang mengganggu mu untuk berkembang.

5. Mengalihkan Perhatian

Apabila kamu sedang terpicu dalam melakukan kebiasaan buruk yang sedang kamu hindari, cobalah untuk mengalihkan perhatian mu pada hal yang lain. Misalnya saya, kamu sedang ingin bermain game, maka segera lah ambil buku atau melakukan aktivitas lain untuk menghentikan kebiasaan itu. 

Fokuskan diri kamu kepada hal-hal yang kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk mu itu sehingga kamu tidak lagi terfikir untuk bermain game. Dalam kata lain jauhkan godaan tersebut dari pikiran mu.

6. Berikan Reward dan panisment kepada diri sendiri

Kamu juga dapat memberlakukan sistem reward dan panisment untuk menghilangkan kebiasaan buruk mu. 
Misalnya saja, berikan target untuk dapat berhenti merokok selama 1 Minggu, apabila hal tersebut berhasil maka berilah hadiah pada diri sendiri dengan apa yang kamu butuhkan, misalnya berikan sepatu. Lalu kamu dapat meneruskan dengan menaikkan level target mu sampai kamu bisa sepenuhnya menghilangkan kebiasaan buruk itu. Akan tetapi sebaiknya kamu jangan memberi hadiah yang tidak bermanfaat atau terlalu yang terlalu konsumtif. Sebaliknya apabila kamu tidak berhasil dalam mencapai target mu maka berikan panisment untuk dirimu sendiri contoh nya, jika target yang kamu buat tidak berhasil kamu bisa menghukum diri mu dengan push up.

7. Konsisten dan selalu bersabar

Kebanyakan orang tidak sabar dalam melakukan suatu perubahan sehingga Sering kali ketidaksabaran tersebut dapat meruntuhkan upaya yang sudah dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk. Hasilnya, kamu pun akan kembali lagi melakukannya dan membuat kamu tidak jadi berubah.

Nah, apabila kamu benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan buruk mu itu, maka kuncinya bersabarlah dan konsisten. Kuatkan tekad mu semaksimal mungkin.

8. Mencari bantuan Profesional

Jika segala cara sudah kamu lakukan dan hasilnya tidak bisa juga sesuai dengan yang kamu harapkan, contohnya kecanduan merokok atau minuman  beralkohol. 
Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mencari bantuan profesional (psikolog atau psikiater) agar mendapat penanganan yang tepat. Mereka tentu saja akan memberi solusi terbaik dalam mengatasi masalah kamu.

Nah itu dia cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang mungkin dapat kamu coba! semoga membantu ya sahabat Ucirego.

Penulis: Leni Marlina
Uciregno
Uciregno Uci Regno adalah situs untuk komunitas yang memiliki minat di bidang perkembangan Teknologi dan Life Style.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, 8 Tips Ini Dapat Kamu Coba"